Syarat & Ketentuan Pengiriman Barang



- Titipan adalah barang yang dititipkan untuk dikirim melalui PT. Tunggal Jaya Expressindo.

- Pengangkut adalah PT. Tunggal Jaya Expressindo.

Titipan sepenuhnya menjadi tanggung jawab PT. Tunggal Jaya Expressindo apabila pengirim telah membayar lunas semua biaya kiriman barang, dan memiliki Bukti Tanda Terima Pengiriman Asli dari pengangkut atas titipan yang dikirimnya.

- Barang – barang yang disebutkan di bawah ini tidak diperbolehkan untuk dimasukan ke dalam titipan:

1. Barang cairan atau yang mengandung segala bentuk cairan, jika bocor dan mengenai barang pihak lain, maka segala kerugian yang ditimbulkan akan menjadi tanggung jawab pihak pengirim.

2. Barang cetakan dan rekaman yang melanggar norma susila.

3. Segala jenis narkotika dan obat-obat terlarang.

4. Barang – barang yang mudah meledak, mengandung racun dan berbahaya.

5. Uang Tunai, dan surat-surat berharga (Cek, Bilyet, Giro, Saham, dsb).

- Pengirim wajib memberikan informasi tentang barang yang akan di kirim dengan sebenarnya. Segala pernyataan yang tidak sesuai dengan informasi yang diberikan dapat dituntut sesuai jalur hukum yang berlaku.

- Barang yang berisikan cairan WAJIB diberitahukan kepada pihak pengangkut.

- Pengangkut tidak memberikan ganti rugi terhadap kerusakan dan kehilangan barang akibat bencana alam, huru-hara,kecelakaan, perampokan dan kebakaran, serta musibah tak terduga lainnya (Force Majeur)

- Apabila terjadi kekurangan dalam jumlah dan kerusakan terhadap barang yang dikirim, penggantian maksimum adalah 10 (sepuluh) kali biaya pengiriman barang titipan yang hilang dan kurang saja.

- Untuk titipan yang nilainya melebihi 10 (sepuluh) kali nilai biaya pengiriman, maka barang tersebut wajib diasuransikan (baik diurus sendiri atau melalui pihak pengangkut) dan penggantian kerugian diselesaikan sesuai dengan Polis Kontrak Asuransi Jasa pengangkut. (Premi asuransi dibayar oleh pengirim)

- Bilamana tidak ada keluhan atau tuntutan saat penerimaan barang, maka titipan dianggap baik dan benar.

- Biaya kiriman yang tidak dibayarkan penerima barang, akan sepenuhnya menjadi tanggungan pengirim

- Kekeliruan pencantuman alamat penerima oleh pengirim bukan menjadi tangung jawab pihak pengangkut.

- Keselamatan barang kiriman akibat proses pengepakan yang tidak sempurna sehingga menimbulkan kerugian, dan kerusakan barang, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

- Pengajuan CLAIM setelah lebih dari 1 (satu) bulan sejak tanggal pengiriman yang tertera pada Bukti Tanda Terima barang tidak kami layani.

- Claim hanya dapat diajukan apabila pengirim menyertakan dokumen sebagai berikut:

1. Tanda Terima Barang Asli.

2. Dokumen pendukung lainnya, seperti: Berita Acara yang telah di tanda tangani penerima dan pengangkut, dan Invoice atau kwitansi dari titipan yang bersangkutan.